Tips Menggunakan Headset Yang Benar Agar Tidak Tuli

tips-menggunakan-headset-yang-benar-agar-tidak-tuli

Toko Herbal | Obat Telinga Berdengung | Zaman sekarang ini semua alat dibuat dengan canggih begitu juga dengan alat yang satu ini yang berfungsi sebagai mendengarkan suara, bunyi atau musik tanpa harus mengganggu privasi orang lain yaitu Headset. Benda ini dibuat dengan sedemikian rupa, berbagai jenis dan tipe namun hingga saat ini belum ada headset atau earphone yang dapat menjamin telinga pendengarnya tetap sehat jika bukan dari kita sendiri yang menjaga dan merawat.

Disamping Anda harus menjaga headset tetap sehat dan bersih dari debu yang menempel, Anda juga harus menjaga kualitas penggunaannya yaitu seberapa besar volume ketika mendengarkan musik dengan headset atau earphone dan berikut informasi mengenai Tips Menggunakan Headset Yang Benar Agar Tidak Tuli.

World Health Organitation atau WHO melaporkan mendengarkan musik dengan volume yang terlalu besar bisa membuat penggunanya kehilangan pendengaran dan ini terjadi pada anak muda di Amerika yang meningkat dari tahun 2006 sekitar 5 persen dengan begitu WHO menyarankan untuk mendengarkan musik paling lama 1 jam selama satu harinya dengan volume tidak lebih dari 60%.

Berikut tips menggunakan headset yang benar menurut WHO :

  • Mengurangi lama waktu menggunakan headset baik musik atau suara lainnya
  • Mengurangi volume saat mendengarkan headset

Dan MRC Institute of Hearing Research mengatakan setiap orang yang mendengarkan musik dengan menggunakan headset bisa menerima suara mulai dari 95-105 desibel seperti yang telah dilansir oleh The Guardian. Dan jika lebih dari 105 desibel sudah dianggap berbahaya.

Sedangkan menurut peneliti dari Oregon Health and Science University juga mengataskan bahwa mendengarkan musik selama 15 menit dengan volume maksimal akan menimbulkan kerusakan pada telinga, menyebabkan kehilangan pendengaran karena dapat merusak stereocilia, rambut halus yang berada di dalam telinga serta getaran yang ditangkap kemudian di salurkan ke otak.

Headset Yang Berkualitas

Seperti yang diungkapkan oleh Owen Brimijoin, Ilmuan Investigasi MRC Institute of Hearing Research di Glasgow “Apabila Anda membeli headset atau earphone beli lah yang berkualitas baik”

Ketika Anda sedang mendengarkan musik dan meningkatkan volumenya biasanya akan meningkatkan frekuensi suara hingga berbahaya bagi pendengaran dan beberapa penelitian yang menunjukan vitamin antioksidan seperti vitamin C bisa mencegah hilangnya pendengarakan jadi makan apel saat sedang mendengarkan musik.

Menggunakan headset yang berkualitas kurang baik dan biasanya dijual dengan harga murah lalu membesarkan volumenya hingga maksimal akan membuat pendengaran Anda rusak hanya dalam waktu kurang lebih 4 menit. Sayangnya banyak anak muda yang kurang memperhatikan hal ini.

Jadi apabila Anda sudah memiliki headset atau earphone yang berkualitas baik, jangan lupa untuk merawat dan membersihkannya terlebih dahulu sebelum memakainya untuk menghilangkan debu – debu atau bakteri yang menempel serta gunakan dengan bijak dan mengatur volume dengan besar yang sedang.

Serta apabila Anda merasaka ada masalah pada telinga, jangan menunda untuk memeriksakannya pada dokter karena masalah kecil yang mungkin tidak disadari atau sering kali diabaikan bisa berkembang dan bisa jadi menjadi lebih buruk dilain waktu.

| Tips Menggunakan Headset Yang Benar Agar Tidak Tuli

Baca Juga :

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *