Tips Mengatasi Telinga Berdengung Ketika Naik Pesawat

tips-mengatasi-telinga-berdengung-ketika-naik-pesawat

Tips Mengatasi Telinga Berdengung Ketika Naik Pesawat-, Toko Herbal-, Bagi sebagian orang pasti pernah mengalami telinga berdengung ketika sedang berpergian menaiki pesawat terbang dan kondisi seperti itu pastinya mengganggu kenyamanan Anda saat di perjalanan. Bahkan karena hal ini juga beberapa orang enggan untuk naik pesawat. Baca Juga : Penyebab Telinga Berdengung.

Kondisi tersebut memang tidak begitu mengganggu untuk sebagian orang tapi bagi sebagian orang kondisi tersebut bisa saja mengganggu seperti yang Anda tau telinga merupakan alat pendengar dan sebagai sistem keseimbangan. Jadi, apabila telinga mengalami masalah maka kemungkinan besar keseimbangan tubuh juga bisa terganggu.

Penyebab Telinga Berdengung saat Naik Pesawat

Kondisi seseorang yang mengalami telinga berdengung ketika sedang menaiki pesawat merupakan oklusi tuba yaitu kondisi dimana adanya penyumbatan pada area saluran tubuh yang berada di telinga. Tuba eustachius merupakan sebuah saluran yang dimulai dari telinga tengah dan berakhir di belakang hidung atau di area pangkal tenggorokan. Saluran tersebut memiliki fungsi untuk menyeimbangkan tekanan udara yang berada di  telinga tengah dan udara di luar telinga. Ketika terjadi perbedaan tekanan maka saluran akan terbuka dan membiarkan udara masuk agar tekanan antara udara luar dan dalam menjadi seimbang.

Untuk mengatasi masalah ini bisa diatasi dengan beberapa cara sederhana dan tentunya mudah untuk dilakukan. Berikut informasi selengkapnya yang bisa Anda coba saat sedang mengalami telinga berdengung di pesawat.

Tips Mengatasi Telinga Berdengung Ketika Naik Pesawat

Walaupun kondisi seperti ini merupakan hal normal tapi sebagian orang yang mengalami hal ini ketika sedang menaiki pesawat akan merasa terganggu dan bukan hanya mengganggu pendengaran saja tapi juga sistem keseimbangan tubuh seperti yang Anda tau, telinga tidak hanya berperan sebagai alat untuk pendengaran saja tapi untuk sebagai sistem keseimbangan.

  • Menggunakan Obat Tetes Hidung

Tips mengatasi telinga berdengung yang pertama adalah dengan menggunakan obat tetes hidung. Cara yang satu ini bisa dilakukan pada orang – orang yang sedang mengalami flu. Karena mereka yang sedang mengalami sakit pilek akan lebih rentan untuk mengalami telinga bedengung saat sedang naik pesawat. Hidung akan mengalami penyumbatan untuk mengatasinya gunakan obat tetes hidung atau Anda juga bisq menggunakan obat tetes oral yang berguna untuk mengatasi hidung tersumbat. Apabila Anda menaiki pesawat lebih dari 8 jam, cara ini bisa Anda lakukan berulang di dalam pesawat untuk mencegah penyumbatan hidung dan membuka saluran tuba.

  • Permen

Biasanya pramugari akan memberikan permen ketika pesawat hendak akan landing atau take off. Kebanyakan orang akan langsung menghabiskan permen karena menganggap sebagai pelayanan pesawat. Padahal sebenarnya permen itu diberikan untuk mencegah telinga berdengung dan Anda habiskan secara pelan – pelan.

  • Mengunyah

Metode lain untuk mengcegah telinga berdengung dan rasa nyeri adalah dengan mengunyah. Secara otomatis saluran tuba akan membuka dan menutup  dan ketika sedang mengunyah secara otomatis Anda akan menelan ludah. Proses ini berguna untuk mengurangi dengungan di telinga Anda.

  • Minum Air

Ketika Anda sedang mengkonsumsi air maka akan membantu mebuka saluran tuba dan hal ini mencegah dengungan. Jika Anda hendak menaiki pesawat sediakan stok air lebih banyak, jika orang – orang terdekat Anda mengalami hal serupa maka secepatnya segera berikan air putih dan susu sebagai langkah antisipasi.

  • Menguap

Mungkin apabila sedang mengantuk hal ini akan lebih mudah dilakukan bahkan secara berulang kali, tapi jika kondisi mata sedang benar – benar terjaga akan sulit untuk dilakukan. Tapi jika benar – benar mencobanya lakukan dengan cara menguap lebar dan sekeras mungkin, cara yang satu ini mungkin memang terlihat sedikit aneh tapi ini sangat efektif.

  • Menutup Hidung dan Mulut

Caranya adalah dengan menutup hidung dan mulut secara bersamaan dan tahan beberapa saat lalu hembuskan nafas melalui hidung secara perlahan. Apabila metode ini berhasil maka akan terasa udara di dalam telinga ikut keluar saat itu. Tapi apabila Anda mengalami penyakit jnatung atau gangguan paru – paru alangkah baiknya menggunakan metode yang lain sebab asupan oksigen yang kurang ke dalam tubuh bisa memperburuk kondisi kesehatan.

  • Menguapi Telinga

Dan cara yang terakhir dan bisa Anda coba untuk mencegah serta mengurangi resiko telinga berdengung ketika sedang naik pesawat adalah dengan menguapi telinga. Caranya cukup mudah hanya siapkan terlebih dahulu sekotak tisu dan ketika naik pesawat mintalah segelas air panas pada pramugari. Masukan tisu ke dalam gelas yang berisi air hangat hingga tisu menyerap seluruh air hangat dan tersisa uapnya saja. Dekatkan gelas dan uap air hangat tesebut pada telinga. Biarkan uap yang berasal dari dalam gelas masuk ke dalam telinga.

Demikian beberapa tips mengatasi telinga berdengung ketika naik pesawat secara sederhana dan tentunya mudah dilakukan. Sehingga perjalanan Anda menaiki pesawat tidak akan terganggu karena telinga berdengung.

Baca Juga :

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *