Terapi Sakit Telinga pada Balita yang Aman

terapi-sakit-telinga-pada-balita-yang-aman

Sakit telinga bisa terjadi pada siapa saja baik dewasa ataubahkan balita dan taukah Anda saat usia mereka sedang menginjak anak – anak itu merupakan waktu dimana mereka rentang untuku terkena penyakit telinga. Anda harus segera melakukan pengobatan yang tepat agar sakit telinga yang dirasakan tidak semakin parah. Salah satu cara terapi sakit telinga pada balita yang aman adalah dengan memberikan ASI selama mungkin. Sebuah penelitian ditemukan bahwa anak yang diberikan ASI akan jauh lebih sedikit untuk mengalam resiko infeksi telinga.

Salah satu sakit telinga yang sering menyerang balita adalah radang telinga tengah, hampir 50 persen dari usia balita paling tidak mereka pernah mengalami hal ini satu kali dalam rentang satu tahun mereka dan penyebab radang telinga tengah pada balita karena saluran penghubungan antara telinga tengah dan atap tenggorokannya yang berdekatan dengan lubang hidung bagian belakang atau disebut dengan istilah Eustachius pada balita sedangkan jika masih dalam tahap perkembangan maka semua saluran tersebut belum sempurna. Bentuknya akan lebih pendek dan menjadi lebih sempit serta lebih mendatar dibandingkan dengan orang dewasa ini disebabkan karena saluran tadi mengalami sumbatan seperti mengalami infeksi penyakit serta alergi.

Gejala Sakit Telinga pada Balita

Setiap penyakit pasti akan menunjukan tanda – tandanya baik di awal setelah memasuki tahap lanjut dan ini sama juga dengan radang telinga diantaranya:

  • Sakit Telinga, ini timbul karena cairan mengalami penumpukan di dalam telinga bagian tengah terutama di bagian gendang telinga dan biasanya bayi yang sudah berusia cukup besar akan mengeluhkan rasa sakit di telinganya tapi untuk anak yang masih bisa dikatakan bayi akan menarik – narik telinga mereka untuk menunjukan rasa sakit.
  • Mengalami demam tinggi disertai dengan diare.
  • Selera makan menurun, hal ini disebabkan karena saat mereka sednag mengunyah maka akan merasakan rasa sakit saat sedang menelan dan menjadikan mereka tidak nyenyak tidur serta sering terbangun di malam hari karena merasa sakit pada telinganya apabila dibawa tidur.
  • Cairan kental yang keluar dari lubang telinga dan berarti gendang telinga dalam keadaan robek akibat tekanan cairan yang keluar cukup keras dan kondisi seperti ini bisa menghentikan tekanan yang kuat dari cairan yang ada di gendang telinga sehingga menyebabkan rasa sakit akan berkurang atau bahkan bisa menghilang.

Terapi Sakit Telinga pada Balita yang Aman

  • Cara Pertama

Basahi kapas dengan 2 tetes minyak lavender lalu letakkan di dalam telinga hingga rasa sakitnya hilang.

  • Cara Kedua

Menggunakan bahan dari daun wungu yang masih segar,cuci hingga bersih lalu bilas dengan menggunakan air yang sudah matang dan tumbuk hingga melumat dan peras airnya. Air perasan ini gunakan untuk menetesi telinga yang terasa sakit.

  • Cara Ketiga

Memanfaatkan daun ingu untuk mengatasi sakit telinga lalu dicuci bilas dengan air matang dan ditumbuk hingga halus serta diperas dengan sepotong kain setelah itu teteskanlah perasan airnya pada bagian telinga yang sakit.

  • Cara Keempat

Menggunakan herba bandotan yang dicuci terlebih dahulu hingga bersih lalu ditumbuk hingga halus dan diperas serta disaring airnya, gunakan air perasan ini sebagai obat telinga berdengung atau sakit telinga. Lakukan secara rutin 4 kali sehari dan 2 tetes setipa pemakaiannya.

Baca Juga :

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *