Telinga Berdengung Disertai Vertigo Waspada Gejala Meniere

Apa Anda pernah mengalami penyakit vertigo ? Saat Anda sedang mengalaminya, apa itu mengganggu telinga Anda ? Apabila iya, itu bisa jadi gejala penyakit meniere. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai Telinga berdengung disertai vertigo waspada gejala meniere, seperti yang dilansir Mayo Clinic.

telinga-berdengung-disertai-vertigo-waspada-gejala-meniere


Sekilas Mengenai Meniere

Meniere merupakan salah satu dari sekian banyak jenis gangguan yang terjadi pada telinga bagian dalam dimana Anda akan mengalami sensai vertigo atau gerakan berputar disertai dengan kehilangan kemampuan mendengar, tinnitus atau telinga berdengung dan terkadang terasa ada tekanan di dalam telinga Anda. Ini merupakan penayakit yang bisa bisa dikatakan kronis dan dalam banyak kasus penyakit ini hanya akan mempengaruhi satu telinga saja . Penyakit ini bisa menyerang siapa saja namun leih rentan terjadi pada orang yang berusia 40 tahun ke atas.

Baca :

Gejala Meniere

  • Vertigo

Anda akan mengalami pusing yang sangat hebat di kepala atau mirip dengan beberapa kali berputar dengan cepat lalu berhenti atau Anda akan juga akan merasakan ruangan yang sedang Anda tempati ikut berputar yang pada kenyataannya itu tidak. Anda akan kehilangan keseimbangan tubuh, merasa mual dan muntah. Vertigo menjadi satu gejala dari penyakit meniere yang paling berat karena Anda tidak bisa melakukan aktifitas sehari – hari dengan normal sehingga menyebabkan stress emosional.

  • Gangguan pendengaran

Apabila penyakit meniere masih berada dalam tahap awal maka biasanya hanya akan mengalami gangguan telinga lalu sembuh dengan sendirinya. Tapi, sayanganya lebih banyak orang yang kehilangan kemampuan pendengaran untuk selamanya.

  • Tinnitus atau Telinga Berdengung

Sebuah kondisi dimana Anda mendengar suara dengungan di dalam telinga Anda sendiri.

  • Merasa ada tekanan dalam telinga

Orang yang mengidap penyakit meniere akan merasa ada tekanan di dalam telinga bagian dalam padahal tidak sama sekali.

Semua gejala meniere yang telah disebutkan tadi terjadi tergantung dengan tingkat keparahannya, durasi serta frekuensi yang berbeda – beda terutama di awal penyakit. Seperti, mungkin salah seorang penderita meniere akan lebih merasakan gejala vertigo yang lebih parah dibandingkan dengan gejala lainnya. Tapi, gejala – gejala tersebut terjadi dalam waktu yang bersamaan.

Pengobatan Penyakit Meniere

Apabila Anda sudah divonis mengidap penyakit meniere mungkin dokter akan memberikan resep obat untuk mengurangi gejala serta tidak menyembuhkan penyakit ini secara langsung. Pertama dokter akan memberikan obat untuk mengatasi vertigo yang menjadi gejala paling berat.

Baca :

Di samping itu, dokter bisa saja memberikan resep obat untuk mengurangi resistensi cairan dan obat ini disebuat dengan diuretik sepeti kombinasi antara obat triameterena dan hidroklorotiazid (Dyazide, Maxzide) . Jenis obat yang berfungsi untuk mengurangi jumlah cairan dalam tubuh sehingga volume dan tekanan cairan yang berada di dalam telinga stabil. Tapi sayangnya, obat jenis ini memiliki efek samping yaitu jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang akan mengakibatkan Anda sering buang air kecil dan sistem tubuh akan kehabisan mineral.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *