Teh Hitam Pencegah Parkinson

Teh Hitam Pencegah Parkinson
Manfaat Teh Hitam Pencegah Parkinson

Sebagai negara agraris, banyak tempat di Indonesia yang mampu menghasilkan teh dengan kualitas baik. Sehingga tidak heran, masyarakatnya pun tidak asing dengan teh yang biasa dijadikan minuman. Teh memiliki berbagai ragam. Salah satunya adalah teh hitam. Teh ini merupakan jenis camellia sinensis. Untuk menghasilkan teh hitam para petani membiarkannya menjadi berwarna cokelat lewat proses oksidasi sempurna yang kemudian mampu menghasilkan warna dan rasa yang khas.

Apa saja manfaat teh hitam? Perlu Anda ketahui bahwa sama halnya seperti teh hijau, teh hitam pun memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Meski belum terbukti secara medis, banyak sumber menyebutkan bahwa teh hitam mampu meningkatkan kewaspadaan serta menambah kemampuan pada otak dalam mengingat dan memproses informasi. Beberapa menyebutkan teh hitam juga mampu mencegah pembentukan batu ginjal, mencegah parkinson, serta mencegah penyakit jantung.

Kandungan polifenol yang ada dalam teh hitam juga mampu menekan risiko kanker ovarium. Secara umum, polifenol memang memiliki fungsi sebagai antioksidan yang mencegah sel dari kerusakan. Berpadu dengan catechin yang juga terkandung dalam teh hitam dapat membantu mencegah kanker. Penelitian memang belum membuktikan secara eksak. Namun tidak ada salahnya mengonsumsi makanan dari alam yang terbukti tanpa bahan-bahan kimia.

Namun meski demikian, mengonsumsi sesuatu tidak boleh berlebihan. Terlebih teh mengandung kafein. Pada umumnya, satu cangkir teh dengan volume 230 mililter mengandung 14-70 mg kafein. Sebaiknya tidak mengonsumsi teh lebih dari empat gelas perhari. Kafein bisa membuat sulit tidur, sakit kepala, mual, muntah, sering kencing, sampai dengan berisiko mengganggu kesehatan jantung. Bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat-obatan, harus ada jarak dalam meminum teh karena teh bisa menganggu kinerja obat.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *