Solusi Mengatasi Sulit BAB

Solusi Mengatasi Sulit BAB
Solusi Sulit BAB

Sembelit sebenarnya bukan penyakit. Sembelit merupakan sebuah keadaan dimana seseorang sulit melakukan buang air besar. Namun keadaan tersebut sangatlah menganggu apalagi untuk ibu hamil atau pasca melahirkan. Maka dari itu harus diatasi. Solusi sulit BAB bisa dilakukan dengan berbagai hal. Berikut akan kami uraikan cara mengatasi sulit BAB dan bagaimana mencegahnya agar tidak datang kembali.

Sulit buang air besar atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan konstipasi merupakan kondisi dimana buang air besar memiliki frekuensi yang kurang dari tiga kali dalam seminggu. Ciri-cirinya selain feses sulit dikeluarkan, feses juga keras dan biasanya menggumpal. Mengatasi hal tersebut, asupan cairan yang banyak perlu diperhatikan. Karena tanpa cairan yang cukup, feses menjadi keras sehingga sulit dikeluarkan. Setiap orang dewasa memerlukan 8 gelas air putih setiap harinya. Tidak hanya berfungsi untuk mencegah konstipasi, tetapi juga untuk mencegah dehidrasi dan menjaga kondisi kesehatan.

Baca juga : Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Bagi yang sedang mengalami konstipasi, sebaiknya hindari minuman dengan kafein seperti teh dan kopi karena kebanyakan meminum minuman yang mengandung kafein akan memperparah konstipasi. Makanan rendah serat seperti es krim, keju, dan makanan siap saji juga harus dihindari karena berperan membuat konstipasi semakin menjadi-jadi. Jangan lupa juga untuk mengimbangi pola makan dengan sayuran dan buah-buahan untuk membantu melancarkan buang air besar.

Gaya hidup sehat seperti berolahraga secara teratur perlu dilakukan. Cobalah jalan kaki, jogging, atau bersepeda setiap hari. Berolahraga bisa meningkatkan aktivitas saluran cerna. Satu lagi yang tidak kalah pentingnya adalah jangan menunda jika sudah ada rangsangan untuk buang air besar. Jika ditunda-tunda maka akan membuat kotoran menjadi keras karena banyak cairan terserap selama kotoran di dalam usus besar. Jadikan obat pencahar sebagai pilihan terakhir mengatasi sulit buang air besar

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *