Sembelit Pada Bayi

Sembelit Pada Bayi
Sembelit Pada Bayi dan Cara Mencegahnya

Masalah sulit buang air besar atau konstipasi tidak hanya terjadi pada orang dewasa. Tetapi bisa pula terjadi pada bayi umur 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12 bulan dst. Jika bayi menunjukkan gejala-gejala seperti sering menangis atau rewel, perut kembung atau perutnya terasa keras, dengan feses yang juga tidak lembut maka harus diwaspadai bayi Anda mengalami konstipasi atau gejala sembelit pada bayi. Biasanya, kerewelan bayi tersebut karena merasa kesakitan saat mengeluarkan fesesnya. Bahkan dalam beberapa kasus, fesesnya bisa disertai dengan bercak darah. Bahkan konstipasi pada bayi asi eksklusif pun dapat terjadi.

Jangan panik saat kondisi tersebut terjadi. Perbanyaklah informasi mengenai sembelit pada bayi dan cara mencegahnya sehingga Anda tahu bagaimana cara mengatasi sulit BAB pada si kecil. Pola BAB pada bayi umumnya sebanyak empat kali sehari. Untuk anak yang usianya di bawah 2 tahun, masih terbilang normal jika BAB hanya satu atau dua kali sehari. Yang harus diwaspadai adalah saat bayi tidak BAB sama sekali lebih dari tiga hari bahkan sampai seminggu.

Kondisi akan menjadi gawat jika bayi sulit BAB disertai dengan demam, adanya darah dalam feses, sampai berat badan yang sulit naik. Jika terjadi kondisi demikian, maka sebaiknya bayi dibawa ke dokter. Namun jika masih normal, Anda bisa melakukan cara-cara mengatasi atau mengobati sembelit pada bayi berikut ini untuk memudahkan bayi mengeluarkan BAB. Diantaranya mengoleskan minyak bayi pada sekitar anusnya untuk membantu jika anus bayi lecet, bisa pula dengan memijat secara lembut perut bayi dengan gerakan melingkar yang searah jarum jam. Gunakan minyak bayi untuk melakukannya atau obat-obatan herbal terlebih dahulu.

Baca juga : Efek Samping Obat Pencahar

Jika umur bayi sudah lebih dari enam bulan, penuhi kebutuhan sayur dan buahnya. Anda bisa memberikan pepaya matang yang dibikin pasta. Selain itu, bisa juga memberikannya sari buah apel dan air putih yang cukup.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *