Perut Kembung Pada Bayi

Perut Kembung Pada Bayi
Perut Kembung Pada Bayi

Bagi Anda ibu-ibu, pernahkah melihat bayi rewel tanpa alasan jelas? Padahal sudah diberi ASI dan tidak ada gejala lain. Bisa jadi perutnya kembung. Hal tersebut bisa terjadi pada bayi dengan beberapa penyebab. Salah satunya adalah dikarenakan makanan yang dikonsumsi ibu. Bagi yang masih memiliki bayi dibawah enam bulan yang masih mengandalkan ASI, asupan makanan harus diperhatikan. Karena ASI dipengaruhi oleh makanan apa yang dikonsumsi seorang ibu menyusui.

Makanan seperti kubis, brokoli, kacang, bawang, dan kembang kol bisa membuat perut bayi kembung karena makanan tersebut membentuk gas setelah dicerna. Oleh karena itu, jika sedang dalam proses menyusui, sebaiknya hindari makanan tersebut.

Penyebab lain perut kembung pada bayi adalah bisa dari minuman selain ASI. Banyak minum memang baik untuk tubuh. Namun tidak demikian halnya dengan bayi terutama mereka yang usianya masih di bawah enam bulan. Mereka hanya bisa minum ASI dan susu formula. Sekalipun makanan alami seperti jus buah-buahan tetap tidak bisa diberikan untuk bayi karena bisa jadi itu merupakan penyebab perut kembung karena mengandung gas berlebih.

Jika bayi meminum susu formula, beri perhatian dalam memilih dot. Usahakan yang pas. Ujungnya jangan terlalu besar, jangan terlalu kecil karena bisa membuat banyak udara masuk ke dalam perutnya sehingga mengakibatkan perut kembung. Lalu bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi?

Cara yang pertama, Anda bisa menyimpannya di atas tempat tidur lalu buat gerakan pada kaki bayi seperti sedang mengendarai sepeda. Gerakan tersebut bisa membantu mengeluarkan gas pada perutnya. Selain itu, bisa juga dengan memijat perutnya secara perlahan searah jarum jam. Bisa pula dengan mengusap-usap punggungnya dengan posisi bayi telungkup. Selamat mencoba!

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *