Penyebab Telinga Berdengung Dan Solusi Mengatasinya

penyebab-telinga-berdengung-dan-solusi-mengatasinya

Toko Herbal -, Telinga merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi yang sangat berperan besar dalam pendengaran bertugas untuk menangkap suara atau bunyi – bunyian dari sumber luar namun apabila telinga menangkap suara berdengung itu harus dipertanyakan. Penyebab Telinga Berdengung Dan Solusi Mengatasinya.

Penyebab telinga berdengung ini banyak sekali bahkan di luaran masyarakan masih banyak yang menganut mitos – mitos seputar telinga berdengung yang memiliki arti atau makna tergantung dari sebelah manan dan kapan waktu munculnya. Dan sekarang kami tidak akan membahas menganai penyebab telinga berdengung yang disebabkan karena mitos melainkan karena ilmu kedokteran yang bisa ditafsirkan secara logika.

Baca Juga : Cara Mengobati Benjolan Di Leher

Telinga berdengung atau menurut istilah medis disebut dengan tinnitus merupakan suara yang ditangkap oleh telinga bukan dari sumber luar atau eksternal.

Penyebab Telinga Berdengung

Tinnitus Pulsatile atau suara denyut atau detak seperti detak jantung ini biasanya sering kali terjadi akibat dari gerakan otot yang berada di area telinga, aliran darah serta saluran telinga.

Tinnitus Nonpulsatile, sedangkan jenis penyebab tinnitus yang kedua merupakan adanya masalah pada syaraf pendengaran. Seseorang yang mengalami hal ini akan mendengar suara dari salah satu atau kedua telinga bahkan terkadang bisa mendengar dari dalam kepala.

Baca Juga : Gejala Dan Tanda Benjolan Di Leher

Penyebab Tinnitus Yang Lainnya :

Sedangkan penyebab tinnitus yang paling sering terjadi merupakan akibat dari gangguan yang terjadio dengan presbikusis atau penuaan yang sering mendengar suara keras atau bising seperti trauma akustik.

  • Mengkonsumsi obat – obatan antibiotik yang mengandung aspirin
  • Menumpuknya kotoran dalam telinga
  • Sering mengkonsumsi alkohol dan minuman yang mengandung bahan kafein dalam kadar yang banyak
  • Gendang telinga bocor
  • Adanya masalah pada mulut dan gigi seperti sendi rahang
  • Pukulan langsung ke teling atau kepala
  • Cedera apada telinga dibagian dalam setelah melakukan operasi atau terapi radiasi pada area kepala serta leher
  • Barotrauma yaitu perubahan tekanan pada lingkungan yang begitu cepat
  • Gangguan vaskular
  • Gangguan saraf seperti migrain

Dan berikut beberapa jenis penyakit yang menyebabkan telinga berdengung :

  1. Anemia
  2. Neuroma akustik
  3. Labyrinthitis
  4. Otosklerosis
  5. Penyakit tiroid

Cara Mengobati Telinga Berdengung

Pada umumnya teling berdengung akan terjadi dalam kurun waktu yang sebentar atau datang dan pergi tanpa harus diobati. Namun apabila telinga berdengung atau tinnitus disertai gejala seperti pendengaran menurun atau tidak kunjung hilang alangkah baiknya segera dikonsultasikan ke dokter.

Baca Juga : Tips Mencegah Kanker Kelenjar Getah Bening

Untuk mengobati tinnitus tergantung dari penyebab yang menyebabkan seseorang mengalami telinga berdengung terlebih dahulu, lalu terapi akan disesuaikan seperti misalnya kotoran yang menumpuk maka ini harus membutuhkan bantuan dokter untuk mengatasinya.

Tentunya apabila Anda ingin mengobati Telinga Berdengung dengan menggunakan obat – obatan juga tidak boleh sembarangan bisa di baca di Obat Telinga Berdengung, yang sudah terbukti ampuh tanpa efek samping dan sudah BPOM.

Baca Juga : Penyebab Benjolan Di Leher

Bagi Anda  yang mengalami tinnitus juga harus meminimalisir agar tinnitus tidak terjadi menjadi lebih parah caranya dengan menghindari iritan, mendengar bunyi – bunyian yang lembut seperti kipas angin atau radio dengan volume rendah, jangan sampai stress karena ini bisa menyebabkan tinnitus Anda bertambah parah dan yang terakhir kurangi mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan kafein.

| Penyebab Telinga Berdengung Dan Solusi Mengatasinya

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *