Faktor Penyebab Sakit Telinga pada Ibu Hamil

Toko Obat Herbal -, Sebenarnya apa yang menjadi faktor penyebab sakit telinga pada ibu hamil ?

Meskipun sebenarnya seorang ibu sedang dalam masa kehamilan alangkah lebih baik untuk selalu memastikan sampai sejauh mana iritasi yang dialami di telinga, khususnya jika Anda (Ibu Hamil) sedang mengalami iritasi di telinga. Ada banyak faktor yang bisa mengakibatkan iritasi telinga pada ibu hamil diantaranya infeksi saluran telinga hingga menyebabkan munculnya nanah, dan jika Anda ingin menggunakan obat tetes telinga jangan sembarangan karena harus dipilih obat tetes telinga yang memang aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Karena tidak semua obat boleh digunakan dan harus dihindari.
Baca : Obat Telinga Berdengung

faktor-penyebab-sakit-telinga-pada-ibu-hamil

Tips Penggunaan Obat Tetes Telinga pada Ibu Hamil

Tidak semua obat tetes telinga bisa digunakan oleh wanita yang sedang mengalami kehamilan karena bisa mengakibatkan efek kepada janin yang sedang dikandung. Tapi sebelum memilih dan menentukan obat yang akan Anda gunakan, memeriksakannya kepada dokter terlebih dahulu menjadi pertimbangan Anda serta mendapatkan pengobatan yang tepat dari dokter.

Obat tetes telinga tidak boleh digunakan dalam jangka waktu lebih dari 7 hari karena bisa mengakibatkan ototoksisitas yang berujung pada ketulian.

Maka dari itu menjaga kesehatan telinga, hidung dan tenggorokan menjadi satu cara mencegah sakit telinga serta menghindarkan Anda dari telinga berdengung. Tips untuk Anda semua, selalu minum air dengan porsi yang cukup serta menjaga kesehatan tubuh agar tidak kelelahan dan tidak mudah sakit.

  • Rentan Terkena Penyakit

Saat seorang wanita sedang mengandung maka wanita tersebut akan mengalami sebuah kondisi dimana dia menjadi lebih rentan dibandingkan saat dia belum hamil. Karena saat mereka sedang hamil akan membutuhkan perhatian yang lebih banyak untuk menjaga kondisi kesehatan janin dan ibu. Salah satu masalah yang sering kali ditemukan pada ibu hamil adalah sakit telinga. Menurut beberapa jurnal kesehatan gangguan ini hanya akan terjadi sementara waktu saja, pada umumnya sakit telinga yang menyerang ibu hamil terjadi di pertengahan atau akhir kehamilan seseorang.

  • Pemicu Utama

Ada satu faktor yang menjadi pemicu utama mengapa wanita yang sedang hamil lebih mudah terserang gangguan di saraf dalam telinga tengah, dimana gelombang suara tak berhasil diantarkan dengan baik ke gendang telinga sehingga akhirnya dikirim langsung menuju otak. Kondisi seperti ini dikenal dengan sebutan sensorinural deafness. Masalah sakit telinga pada wanita yang sedang mengandung bisa terjadi secara tiba – tiba selama kurun waktu 3 hari tanpa diketahui penyebabnya yang pasti atau bahkan hanya terjadi pada telinga sebelah saja. Mereka yang mengalami gangguan telinga seperti ini tidak bisa mendengarkan suara dengan frekuensi gelombang lebih kecil dari 30 desibel

  • Perubahan Fisiologi

Sebagian ahli medis beranggapan masalah gangguan telinga yang terjadi pada ibu hamil disebabkan karena adanya perubahan fisiologi tubuh. Dimana jumlah hormon serta air di dalam tubuh akan meningkat ketika seorang wanita sedang hamil. Meskipun tidak menutup kemungkinan ada faktor lain yang bisa mengakibatkan wanita hamil mengalami masalah sakit telinga. Ada berbagai faktor yang bisa menjadi pemicu wanita hamil terkena gangguan telinga, namun untuk mengetahui penyebab lebih lengkapnya alangkah baiknya jika Anda langsung memeriksakannya kepada spesialis telinga dan jangan mengira – ngira sendiri serta Anda bisa mendapatkan saran pengobatan yang lebih jelas dan aman.

Artikel Terkait Lainnya :

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *