Inilah Berbagai Macam Penyakit Menular Pada Balita

Inilah Berbagai Macam Penyakit Menular Pada Balita

Toko Herbal Tasik-, Ketika sang buah hati sedang menginjak balita dimana anak sering bermain tanpa melihat tempat dan keadaan, seperti halnya bermain air hujan, atau bermain tanah dan masih banyak lagi permain yang berurusan dengan alam dan justru bisa saja menyebabkan penyakit dan inilah berbagai macam penyakit menular pada balita yang harus Anda tahu khususnya para ibu yang sedang memiliki anak balita.

Anak yang masih balita mempunyai kondisi tubuh yang cukup rentan dan bisa terserang penyakit baik menular ataupun tidak.

Baca Juga : Cara Mengobati Impetigo Pada Bayi Dan Anak

Ada beberapa jenis penyakit yang akan menyerang si anak hanya sekali saja dan nanti akan sembuh sendirinya dan ini akan membuat anak bertambah kekebalan tubuhnya jadi Anda tidak perlu khawatir.

Inilah Berbagai Macam Penyakit Menular Pada Balita

  • Mumps

Inilah Berbagai Macam Penyakit Menular Pada BalitaSebutan lainnya adalah gondongan yaitu penyakit infeksi virus akut yang mengenai kelenjar ludah dan khsusnya parotis. Mereka yang mengidap penyakit ini bisa menularkan penyakitnya sejak ± 7 hari sebelum munculnya gejala sampai ± 9 sesudahnya. Biasanya penyakit ini sering menyerang anak – anak yang berusia di sekolah dasar atau usia 5 sampai 9 tahun.

Baca Juga : Penanganan Penyakit Ayan Pada Anak

Tanda atau ciri yang ditimbulkannya adalah kelenjar yang membengkak dan lembek di bawah kedua telinga dan di bawah dagu , sulit menelan dan mengunyah, sakit kepala, demam dan mulut kering.

Untuk perawatannya Anda bisa mengkrompres anak dengan menggunakan air suam-suam kuku untuk mengurangi demam atau diberikan parasetamol khusus bayi atau ibuprofen khusus bayi jika usianya sudah dianjurkan dalam kemasan. Perbanyak anak mengkonsumsi minum air.

  • Batuk Rejan

Inilah Berbagai Macam Penyakit Menular Pada Balita

Batuk rejan atau batuk 100 hari merupakan salah satu penyakit yang menyerang saluran pernafasan dan menular, biasanya seringt kali menyerang anak usia di bawah 2 tahun. Batuk rejan ini tidak hanya terjadi pada anak – anak saja tapi orang dewasa juga tidak bisa dipungkiri bisa terserang penyakit ini.

Baca Juga : Penyebab Dan Gejala Penyakit Dislipidemia

Penyebab batuk rejan ini yaitu bakteri bordetella pertussis serta bordetella parapertussis yang cara penularannya adalah batuk atau bersin penderita yang terinfeksi.

Anak yang menderita penyakit ini akan menunjukan gejala mirip seperti penyakit flu lalu dua minggu setelahnya baru batuk. Ia juga bisa tersedak dan muntah karena napasnya berbunyi saat menarik napas atau setelah batuk. Infeksi ini bisa berlangsung hingga 4 minggu mulai dari batuk.

  • Cacar Air

Inilah Berbagai Macam Penyakit Menular Pada BalitaPenyakit yang sering menjumpai anak – anak ini disebabkan karena sebuah virus bernama varises zoster dan virus ini menyerang kulit dengan membentuk lesi atau luka yang berisi cairan dan biasanya balita yang sudah berusia 9 bulan ke atas banyak yang mengalami hal ini.

Baca Juga : Khasiat Wortel Untuk Wajah

Anda tidak perlu membawa anak ke dokter kecuali kalau Anda tidak yakin itu merupakan cacar air, berikan anak paracetamol khusus bayi serta cairan yang berfungsi untuk menurunkan suhu tubuhnya. Mandi dengan menggunakan aiar suam-suam juga bisa mengurangi sedikit bikarbonat soda dan meredakan gatal.

  • Impetigo

Inilah Berbagai Macam Penyakit Menular Pada BalitaIni merupakan jenis kulit yang kerap kali terjadi pada anak – anak atau biasa disebut dengan pioderma dan umumnya menyerang anak berusia 2-5 tahun. Faktor penyebab pioderma ini adalah bakteri staphylococcus atau streptococcus hemolitikus.

Ada dua jenis penyakit impetigo yaitu impetigo bulosa atau vesiko bulosa dan kontagiosa atau impetigo krutosa (cacar madu). Jenis impetigo yang pertama ini akan menunjukan tanda kemerahan di kulit dan gelembung serta berisi nanah.

Baca Juga : Penyebab Dan Gejala Impetigo Pada Bayi

Sedangkan untuk jenis impetigo yang kedua adalah akan menunjukan kemerahan di kulit dan melepuh yang akan lebih cepat memecahkan sehingga meninggalkan keropeng tebal berwarna kuning seperti madu.

Anda akan menemukan bintil – bintil lepuh di sekitar hidung dan mulut atau telinga anak Anda yang nantinya akan pecah dan mengeras lalu membentuk keropeng kuning kecoklatan. Untuk perawatannya Anda bisa memberikan anak obat impetigo untuk bayi dan anak.  

  • Roseola Infantum

Inilah Berbagai Macam Penyakit Menular Pada Balita

Dan yang terakhir adalah penyakit virus yang menular pada bayi atau anak yang masih sangat muda dan akan menimbulkan ruam serta demam yang tinggi. Penyakit roresola infantum menyerang anak usia 6 bulan hingga 3 tahun.

Baca Juga : Khasiat Buah Lemon Untuk Menurunkan Berat Badan

Penyebab utamanya yaitu virus herpes tipe 6 dan 7 yang disebarkan melalui percikan ludah penderitanya dan mulai terinfeksi sekitar 5 – 15 hari. Untuk penanganan roseola infantum, anak harus banyak istirahat dan untuk cara menurunkan demam Anda bisa menggunakan paracetamol yang khusus untuk bayi.

Demikian informasi mengenai penyakit menular pada anak, semoga dapat bermanfaat dan menambah inspirasi Anda serta lindungi anak dan berikan pengertian cara bermain yang baik dan sehat.

Posted By : Inilah Berbagai Macam Penyakit Menular Pada Balita

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *