Pantangan Makanan Penderita Kelenjar Tiroid

Selamat datang di website Toko Herbal Tasikmalaya, dimana kami merupakan situs kesehatan yang memberikan informasi seputar keluhan penyakit Anda dan kami melayani pemesanan keseluruh wilayah Indonesia dengan sistem pengiriman terbaik via JNE yaitu KIRIM BARANG DULU dan BOLEH BAYAR SETELAH BARANG DITERIMA DENGAN BAIK, syarat dan ketentuan berlaku. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai pantangan makanan penderita kelenjar tiroid yang harus Anda hindari.

Pantangan Makanan Penderita Kelenjar Tiroid

Penyakit Kelenjar Tiroid

Tiroid adalah kelenjar yang berbentuk kupu – kupu di bawah leher atau dikenal dengan gondok dan kelenjar ini memiliki fungsi yang penting dalam proses metabolisme berbeda dalam tubuh. Kelenjar tiroid bertanggung jawab untuk melepaskan dua hormon utama pada tubuh yaitu triiodothyronine (T3) dan thyroxine (T4). Dimana hormon ini melaksanakan fungsinya untuk membantu mengendalikan metabolisme dalam tubuh Anda.

Saat tiroid bekerja normal maka hormon tiroid akan dilepaskan ke dalam aliran darah serta beredar ke seluruh tubuh. Mereka membantu sel berbeda untuk memproduksi energi dari makanan yang sudah Anda konsumsi.

Bagi Anda yang sedang mengalami penyakit tiroid, selain harus mengkonsumsi makanan yang sehat juga harus menghindari beberapa jenis makanan yang kurang baik karena hal tersebut bisa menghambat proses kerja obat yang sedang Anda konsumsi. Berikut di bawah ini beberapa jenis pantangan makanan penderita kelenjar tiroid yang harus Anda hindari.

Pantangan Makanan Penderita Kelenjar Tiroid

Selain rutin dalam mengkonsumsi obat kelenjar tiroid, Anda juga harus menghindari beberapa jenis makanan yang kurang baik bagi penderita kelenjar tiroid, diantaranya :

  • Aspartam

Apabila Anda menggunakan aspartam sebagai pemanis buatan maka Anda juga harus segera menghentikannya karna bahan yang satu ini berkaitan dengan penyakit Graves dan banyak gangguan autoimun lainnya. Kehadiran kimia dalam aspartam juga bisa menyebabkan adanya reaksi imun dalam tubuh sehingga produki antibodi tiroid dan peradangan tiroid.

  • Gluten

Gluten adalah goitroge dan juga bisa memicu reaksi autoimun dalam tubuh jika Anda sensitif serta makanan dengan gluten seperti barley, rye dan gandum serta sebagian besar makanan olahan lain. Jadi sebaiknya hindari jenis makanan yang mengandung gluten.

  • Sayuran Silangan

Diantaranya kubis, bunga kol dan brokoli dimana sayuran ini mengandung isothiocyanates yang goitrogen dimana bisa mempengaruhi kesehatan dan cara kerja kelenjar tiroid Anda serta bisa menghilangkan kesehatan yang memperhitungkan bahwa mengkonsumsi sayuran silangan yang dimasak bisa menghilangkan efek goitrogenik serta memberikan banyak makanan kesehatan dan tetap sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

  • Kedelai

Sedangkan jenis pantangan makanan penderita kelenjar tiroid yang terakhir yaitu kedelai dimana kedelai mengandung isoflavongoitrogen yaitu senyawa yang menganggu kemampuan kelenjar tiroid bekerja optimal untuk menyerap yodium. Anda harus menghindari makanan yang satu ini dan beberapa jenis makanan yang mengandung kedelai daiantaranya susu kedelai, tempe, miso, tahu, minyak kedelai.

Demikian informasi mengenai pantangan makanan penderota kelenjar tiroid semoga penjelasan dari kami bisa bemanfaat serta menjadi referensi untuk Anda. Terima kasih sudah menyempatkan berkunjung ke webiste kami.

Artikel Lainnya :

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *