Efek Samping Obat Pencahar

Efek Samping Obat Pencahar
Efek Samping Obat Pencahar Saat Sering Sembelit

Saat mengalami sembelit dan putus asa karena feses sulit dikeluarkan, banyak orang memilih mengonsumi obat pencahar atau yang di injeksi melalui anus. Bahkan ada pula yang ketergantungan sebut saja merek DULJOLAX. Padahal obat tersebut tidak baik digunakan untuk merangsang buang air besar dalam jangka panjang. Dalam tulisan kali ini, kami akan membahas seputar efek samping obat pencahar saat sering sembelit.

Perlu Anda ketahui bahwa jika obat pencahar diminum secara berlebihan, maka efeknya bisa membuang nutrisi dan vitamin dalam tubuh. Tidak hanya itu, obat tersebut juga membuat sodium, air, potasium dikeluarkan secara berlebihan. Kram perut dan saluran pencernaan bawah menjadi salah satu efek samping obat pencahar. Obat pencahar bekerja dengan membuat buang air besar mudah namun merangsang kontraksi dinding perut yang berpotensi membuat kram karena perubahan keseimbangan cairan pada usus besar.

Jika sering minum obat pencahar, anus akan terasa terbakar. Hal tersebut karena supositoria gliserin dimasukkan ke dalam anus yang menyebabkan adanya iritasi serta rasa terbakar. Perut juga bisa terasa kembung. Itu terjadi saat otot-otot saluran pencernaan melakukan kontraksi untuk menambah masa feses. Selain iritasi, anus juga bisa berdarah karena obat pencahar mamicu pendarahan pada anus yang disebabkan iritasi karena feses mengeras.

Saat Anda terlalu sering menggunakan obat pencahar saat sembelit akan menyebabkan produksi gas berlebihan yang membuat Anda sering kentut. Bahkan efek samping obat pencahar yang paling parah justru bisa memperburuk sembelit. Hal itu terjadi karena toleransi tubuh terus menagih dosis pencahar yang lebih banyak dan membuat tubuh ketergantungan. Jadi sebaiknya gunakan obat pencahar sebagai opsi terakhir jika metode pengobatan dengan cara lain tidak berhasil. Jika sembelit terus berlanjut, segera hubungi dokter agar sembelit tidak menjadi masalah serius. Efek samping ini berlaku untuk anak, anda yang sedang hamil bahkan orang dewasa. Dengan menjaga pola makan seperti mengkonsumsi banyak serat tentunya lebih aman dan alami.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *