Obat Amitriptyline Bahaya

Obat Amitriptyline
Amitriptyline Bisa Membuat Pemakai Bunuh Diri

Di antara banyak kalangan, kebanyakan anak-anak muda yang berusia sekitar 18-24 tahun menggunakan obat Amitriptyline. Ini adalah obat penenang atau anti-depressant. Jika Anda memiliki anak remaja atau memiliki teman yang masih usia remaja yang terbiasa mengkonsumsi obat ini, pastikan Anda memperhatikan mood dan juga perilaku mereka. Pasalnya, menurut suatu studi, beberapa orang setelah secara reguler mengkonsumsi obat ini, mereka melakukan bunuh diri.

Salah satu khasiat dari obat ini adalah menghilangkan rasa cemas yang dirasakan tertutama anak-anak remaja. Mereka sangat rentan sekali dengan perasaan cemas dan depresi terhadap hal-hal dan permasalahan yang mereka hadapi. Perasaan cemas tersebut terkadang menjadi parah sehingga mereka kehilangan gairah untuk hidup dan lain sebagainya.

Itulah mengapa beberapa orang tua akhirnya memeriksakan anaknya tersebut ke dokter. Dan obat yang mungkin akan diberikan adalah Amitriptyline. Di antara obat anti-depressant lainnya, obat ini cenderung lebih efektif.

Akan tetapi, Anda harus memperhatikan efek apa yang ditimbulkan oleh obat ini. Jika moodnya semakin tidak baik dan justru anak Anda lebih sering menyendiri, jangan sampai Anda sering meninggalkan sendiri. Bisa jadi karena depresi berat tersebut, obat ini mengakibatkan kontra indikasi, justru membuat depresi yang mereka rasakan semakin berat. Beberapa kasus berakhir dengan tindakan bunuh diri.

Itulah mengapa dokter akan menentukan dosis setiap kali melakukan konsultasi. Dokter akan menanyakan beberapa hal untuk menentukan dosis yang akan diberikan seperti perasaan untuk mengakhiri diri, rasa cemas, panik, susah tidur, dan lain sebagainya.

Jika penderita masih berusia di bawah 18 tahun, obat ini tidak akan diberikan, kecuali dalam kasus-kasus tertentu. Pasalnya, jika diberikan kepada anak di bawah 18 tahun, obat Amitriptyline bisa membuat resiko obesitas justru tinggi.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *