Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil
Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Perempuan yang sedang hamil muda atau tua rentan mengalami pembengkakan pada bagian tubuh tertentu atau edema. Salah satunya pada kaki. Hal tersebut tidak jarang membuat ibu hamil tidak nyaman dalam beraktivitas. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Sebenarnya kaki bengkak saat hamil adalah hal normal dan wajar. Kondisi ini terjadi karena saat hamil, perempuan mengalami perubahan kadar hormon. Pelepasan hormon selama masa kehamilan bisa membuat tubuh menahan lebih banyak sodium dan cairan. Tekanan dari janin yang terus tumbuh dan meningkatnya volume darah inilah yang menyebabkan edema.

Baca Juga : Penyebab Gatal Pada Vagina

Menurut bahasa medis, pembengkakan yang terjadi pada bagian kaki, pergelangan kaki, maupun lengan disebut dengan peripheral edema. Ini terjadi karena adanya peningkatan tekanan ataupun kerusakan pada pembuluh darah kapiler yang mengakibatkan cairan merembes dari kapiler ke jaringan organ sekitarnya, sehingga area tersebut menjadi bengkak. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Berikut cara-cara sederhana namun bisa membantu mengatasi kaki bengkak saat hamil. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengganjal kaki dengan bantal ketika sedang tidur. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki sirkulasi darah. Pada umumnya, pembengkakan kaki terjadi pada mereka yang kurang berolahraga. Tidak perlu berat, cukup yang ringan seperti berenang maupun rutin berjalan kaki. Sebaiknya tidak duduk maupun berdiri terlalu lama. Sering-seringlah bergerak dengan melakukan pekerjaan ringan.

Dalam hal ini, pola makan juga perlu dijaga. Kurangi asupan garam pada makanan karena mengonsumsi makanan asin bisa membuat edema lebih parah. Kaki bengkak saat hamil perlu diwaspadai jika dibarengi dengan beberapa gejala lain seperti sakit kepala berat, muntah, sampai adanya gangguan penglihatan. Karena bisa jadi kaki bengkak disebabkan tekanan darah tinggi atau kondisi serius lainnya seperti diabetes, penyakit ginjal, pembekuan darah, varises, gagal jantung, penyakit liver, atau bahkan tumor.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *