Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Ayan

Makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita ayan

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Ayan – Epilepsi atau Ayan merupakan kondisi dimana sistem syaraf otak manusia terganggu karena aktifitas yang berlebihan dari sekelompok sel neuron pada otak sehingga menyebabkan berbagai reaksi terhadap tubuh manusia seperti melamun, bengong sesaat, kontraksi otot hingga kejang kejang.

Baca juga : Obat Ayan Untuk Anak dan Dewasa

Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Ayan

  • Kacang – kacangan dan Biji – bijian

Di dalam kacang ada karbohidrat yang tinggi dan mengkonsumsi karbohidrat yang tinggi secara berlebihan dapat membahayakan tubuh penderita ayan.

  • Zat Glutamine dan Asam Amino

Makanan yang mengandung kedua zat itu (Zat Glutamine dan Asam Amino) biasanya terdapat di dalam kacang-kacangan, biji – bijian, gandum dan oat. Apabila penderita ayan mengkonsumsi makanan yang mengandung glutamine ini dapat berpotensi besar untuk kambuh.

  • Makanan Jeroan

Diantaranya seperti kaki sapi, lemak udang dan kuning telur.

Makanan Sehat Untuk Penderita Ayan

Berdasarkan yang disebutkan oleh Epilepsi Society, menghindari makanan di bawah ini dapat menurunkan resiko kejang dan meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

  • Karbohidrat Olahan

Ada beberapa penderita ayan yang dimana tingkat glukosa darah dapat menyebabkan kejang, maka hindari makanan yang mengandung glisemik tinggi karena dapat meningkatkan kadar glukosa darah Anda. Seperti pizza, roti, bagel, nasi putih, minuman ringan , pasta putih dan chip. Lebih baik memilih makanan yang mengandung glikemik rendah diantaranya beras mentah, biji – bijian, roti gandum, kacang – kacangan dan pasta serta yogurt.

  • Buah dan Sayuran Terpilih

Ada beberapa buah – buahan yang mengandung kadar glisemik rendah itu artinya tidak akan meningkatkan kadar glukosa darah naik dan turun. Bagi Anda yang mengalami penyakit epilepsi atau ayan sebaiknya menghindari beberapa sayuran dan buah yang memiliki kandungan glisemik sedang hingga sangat tinggi diantaranya kismis, pisang, mangga, tanggal dan kentang  tumbuk.

  • Ginkgo Nuts

Pada tahun 2001 dalam jurnal “Epilepsia” menyebutkan mengkonsumsi kacang besar dalam jumlah yang banyak dapat membuat seseorang muntah dan kejang selama empat jam. Umumnya kacang Ginkgo dimakan oleh masyarakat  China dan Jepang. Makanan ini dapat membuat seseorang kejang meskipun tidak memiliki riwayat epilepsi atau ayan.

  • Monosodium Glutamat

Biasanya bahan monosodium glutamat digunakan menjadi bahan penyedap dn pengawet makanan, pada tahun 2004 dalam studi hewan “Neuroscience Letters” menyebutkan seseorang yang memiliki MSG berlebihan dalam tubuhnya dapat terserang saraf tikus dan terkena penyakit ayan atau epilepsi.

Nah, itulah informasi mengenai makanan baik dan buruk untuk penderita ayan semoga dapat bermanfaat. Baca juga artikel lainnya.

Related Post :

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *