Makanan Kaya Kalsium Pengganti Susu

Makanan Kaya Kalsium Pengganti Susu
Makanan Kaya Kalsium Pengganti Susu       

Susu adalah salah satu sumber kalsium yang paling diketahui oleh masyarakat. Kalsium penting untuk tubuh terutama fungsi utamanya sebagai penguat tulang dan gigi baik untuk orang dewasa atau anak-anak. Namun sayangnya tidak sedikit orang yang kurang suka mengonsumsi susu terutama ketika hamil. Padahal kalsium merupakan mineral yang wajib dipenuhi karena seiring dengan pertambahan usia, kalsium dalam tubuh terus berkurang. Bagi Anda yang kurang suka dengan susu, bisa menggantinya dengan makanan kaya kalsium lainnya.

Berikut Ini Beberapa Makanan Yang Kaya Akan Kalsium

Yang pertama, ikan salmon. Tidak hanya mengandung kalsium tinggi, salmon juga mengandung vitamin D yang mampu meningkatkan penyerapan sari-sari makanan dan mengurangi pembuangannya lewat urin. Jika Anda mengonsumsi 6 ons salmon maka Anda telah memberi asupan 181 mg kalsium pada tubuh.

Masih berupa ikan, sarden juga ternyata mengandung banyak kalsium. Cukup tiga ons mengonsumsi ikan sarden, maka Anda bisa memenuhi 325 mg asupan kalsium. Sebisa mungkin makan dengan tulangnya karena tulang pada ikan ini mengandung kalsium tinggi.

Tidak hanya pada ikan, sayuran seperti brokoli juga bisa dikonsumsi untuk memenuhi asupan kalsium. Dengan memakan 50 gram brokoli, Anda telah memberikan sekitar 30 mg kalsium untuk tubuh. Cara mengolah brokoli bisa hanya dengan memotongnya kecil-kecil lalu merebusnya atau bisa pula dengan menambahkan sedikit garam. Cocok digunakan untuk camilan atau dikonsumsi saat makan siang.

Sayuran lainnya yang mengandung kalsium adalah bayam dan pok choy sayuran yang sering di berikan pada burung kenari. Keduanya seringkali diolah menjadi tumis. Untuk 100 gram bayam yang dikonsumsi bisa mengandung 150 mg kalsium. Makanan lain yang bisa dimakan sebagai pengganti kalsium adalah biji wijen dimana saat Anda mengonsumsi satu sendok makan saja, 160 mg kalsium terpenuhi.

Kacang-kacangan pun bisa diandalkan seperti kacang almond, kacang kedelai, dan kacang merah. Mengonsumsi 15 gram kacang almond bisa mendapatkan 35 mg kalsium. Perlu Anda ketahui bahwa saat mengonsumsi makanan berkalsium, sebaiknya tidak dibarengi dengan mengonsumsi makanan yang menghambat penyerapannya seperti produk olahan gandum dan ubi. Namun tidak perlu dikhawatirkan karena pengaruhnya terbilang kecil.

Untuk tetap memiliki tulang sehat dan tidak keropos, hindari makanan cepat saji yang mengandung tinggi garam serta minuman bersoda dan berkafein. Makanan dan minuman tersebut hanya akan membuat tubuh kehilangan kalsium karena meningkatnya pengeluaran lewat urin. Hal-hal lain yang menghambat penyerapan kalsium adalah rokok, kurang olahraga, alkohol, dan stress. Sadari sejak dini mengenai pentingnya kalsium untuk tubuh sebelum mengalami penyakit seperti osteoporosis.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *