Macam-Macam Operasi Wasir

Macam-Macam Operasi Wasir
Macam- Macam Operasi Wasir

Anda sudah mencoba hidup sehat dengan mengonsumsi banyak serat namun wasir tidak sembuh? Berarti derajat keparahan wasir Anda sudah tinggi. Kondisi tersebut bisa jadi mengharuskan Anda menempuh prosedur operasi wasir. Secara umum, ada dua macam operasi wasir yang bisa ditempuh yakni cara standar atau dengan menggunakan laser.

Operasi standar biasanya menggunakan pisau bedah dalam prosedurnya, sementara operasi laser menggunakan sinar. Yang akan kami bahas sekarang adalah operasi wasir dengan diatermi hemoroidektomy, operasi pengangkatan wasir dengan alat yang memiliki suhu tinggi. Sama halnya dengan operasi pada penyakit lain, rasa nyeri tetap muncul pasca operasi selama berminggu-minggu. Setelah operasi, kemungkinan ambeien muncul lagi hanya lima persen. Salah satu keuntungan operasi ini adalah bisa mengurangi rasa sakit ketika BAB.

Baca Juga : Manfaat Lain Obat Amlodipine

Yang kedua, ada operasi transanal haemorrhoidal dearterialisation (THD). Operasi ini memiliki tujuan untuk mengurangi aliran darah ke hemoroid. Pasien yang menempuh operasi ini akan dibius total. Kemudian dokter bedah memasukkan ultrasonografi doppler ke dalam anus pasien, yang dilanjutkan dengan adanya gelombang suara tinggi dimana lokasi tersebut merupakan lokasi pembuluh darah yang bengkak. Dokter akan menjahit pembuluh darah agar aliran darah tersebut terhenti. Setelah operasi dilakukan maka hemoroid akan mengecil atau menyusut.

Menurut kesaksian beberapa orang yang telah melakukan operasi ini, THD memang cukup efektif dalam menyembuhkan wasir. Memang saat operasi dilakukan, rasanya lebih sedikit nyeri dibandingkan hemoroidektomi. Sehingga tidak heran banyak orang menempuh operasi THD ini agar bisa kembali beraktivitas dengan normal.

Yang terakhir, ada operasi stapled hemorrhoidopexy. Dikenal juga dengan sebutan stapling, dalam operasi ini, bagian usus besar akan dijepit sehingga hemoroid yang menggantung di luar anus akan mengecil yang membuat aliran darah ke hemoroid semakin berkurang. Untuk menemukan metode operasi yang tepat untuk kasus wasir Anda, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *