Kayu Manis Mampu Kurangi Resiko Luka Diabetes Basah

Toko Herbal -, Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi yang tidak kalah penting yaitu kayu manis mampu kurangi resiko luka diabetes basah secara alami, aman dan tidak akan menyebabkan efek samping yang dapat membahayakan kondisi kesehatan tubuh Anda.

Kayu Manis Mampu Kurangi Resiko Luka Diabetes Basah

Kayu Manis Mampu Kurangi Resiko Luka Diabetes Basah

Kayu manis atau dalam bahasa latinnya dikenal dengan (Cinnamomum verum, sin. C.zeylanicum) merupakan sejenis rempah – rempah yang dapur yang memiliki aroma manis dan peda dan kayu manis bisa dikatakan rempah tertua yang sering digunakan oleh masyarakat. Karena kayu manis sudah digunakan sekitar 5000 tahun yang lalu sebagai suplemen herbal untuk mengobati berbagai penyakit dan salah satunya sebagai obat luka diabetes basah.

Berdasarkan penelitian para ahli, kayu manis mengandung zat anti-mikroba yang sangat kuat untuk anti-inflamasi, anti-infeksi serta kayu manis juga menjadi sumber potensial untuk antioksidan, polifenol, mineral seperti zat besi, mangan, serat makanan, karbohidrat, asam lemak, kalsium serta asam amnino, connamyl asetat, cinnamyl dan cinnamaldehyde.

Baca Juga :

Obat Ayan Anak
Obat Telinga Berdengung
Cara Mengobati Benjolan di Leher

Kenapa kayu manis mampu kurangi resiko luka diabetes basah ?

Salah satu khasiat kayu manis yang sudah terbukti ampuh untuk mengurangi gula darah dan mengurangi resiko mengembangkan penyakit diabetes tipe 2. Berdasarkan penelitian pada t ahun 2011 menunjukan seluruh bagian dari kayu manis serta ekstrak kayu manis sangat baik untuk menurunkan gulkosa darah.

Seperti penelitian yang dilakukan oleh Dr. Richard Anderson dan koleganya untuk menguji efek kayu manis terhadap gula darah dan penelitian melibatkan sekitar 60 orang yang mengidap diabetes basah tipe 2 dengan wanita dan pria yang masing – masing berjumlah 30 orang dan usia 50 tahun ke atas. Mereka dibagi menjadi 6 kelompok secara acak. Untuk kelompok pertama, mengkonsumsi 1 gr kayu manis perhari, kelompok kedua mengkonsumsi 3gr kayu manis perhari dan kelompok ke tiga mengkonsumsi 6 gram kayu manis perhari. Sedangkan untuk kelompok ke 3,4 dan 5 mengkonsumsi kapsul plasebo dengan jumlah yang sama pada kelompak 1,2 dan 3. Setelah 40 hari, kelompok yang mengkonsumsi kayu manis kadar gulanya menurun hingga 18-29% .

Ini sama dengan mengkonsumsi kayu manis sebanyak 1,3 dan 6 gram setiap harinya pada penderita diabetes mampu menurunkan gula darah dan menurunkan timbulnya komplikasi yang diakibatkan diabetes serta mengurangi resiko terjadinya luka diabetes. Berdasarkan penelitian ini, sudah banyak penderita diabetes yang mencoba menambah setengah sendok teh kayu manis setelah sarapan dan hasilnya sangat baik, kadar gula darah mereka menurun secara drastis.

Lalu bagaimana cara mengolah kayu manis untuk penderita diabetes ?

Konsumsi kayu manis 1 sendok setiap harinya secara teratur dan taburkan pada oatmale atau sereal atau juga bisa ditambhakan pada sejumput kecil teh atau kopi.

Meskipun kayu manis memang sudah terbukti dalam menurunkan gula darah serta mencegah luka diabetes basah, tapi jika Anda ingin sembuh secara maksimal dan dalam jangka waktu yang cepat sebaiknya mengkonsumsi biasakan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi serta perbanyak asupan makanan sayuran dan buah, kurangi minuman yang mengandung soda, kafein, alkohol, gula dan makanan yang mengandung lemak berlebihan. Lakukan aktifitas fisik secara teratur dan hindari stress.

Artikel Terkait :

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *