Cara pakai Betametason Topikal buat Pengobatan Yang Aman

Betametason Topikal

Cara Pemakaian Betametason Topikal Agar Aman Digunakan

Betametason Topikal atau yang juga bisa disebut dengan kortikosteroid topikal adalah sejenis obat yang bermanfaat untuk anti inflamasi. Tidak jarang obat tersebut disarankan oleh ahli kulit untuk digunakan sebagai penyembuh masalah kulit.

Meskipun disarankan oleh ahli kulit, tidak jarang penderita khawatir jika harus menggunakan obat ini. Karena penggunaan yang telalu kuat akan menimbulkan efek samping. Dan hal ini tentu akan mempengaruhi penderita.

Maksudnya, bukan sembuh didapatkan, malahan diperparah dengan hal-hal yang sulit untuk disembuhkan. Makanya, tidak sedikit dari Anda yang lebih memilih jenis pengobatan lain semisal menggunakan obat herbal.

Obat herbal ini dirasa aman karena menggunakan bahan alami. Namun cara kerjanya cukup lama, artinya membutuhkan waktu yang sangatlah lama. Berbeda ketika Anda menggunakan obat-obatan seperti kortikosteroid topikal ini.

Manfaat yang didapatkan darinya antara lain adalah melembabkan kulit, melicinkan, atau mendinginkan area yang dirawat. Masalahnya adalah bagaimana cara menggunakannya secara aman?

Cara menggunakannya adalah dengan memakainya pada kulit yang sedang terkena masalah. Oleskan padanya 2 sampai 3 kali dalam sehari sampai benar-benar sembuh.

Dikarenakan proses penyembuhan dengan salep ini singkat, maka Anda tidak diperkenankan untuk menggunakannya dalam jangka panjang. Paling lama penggunaan salep ini adalah 2 minggu. Jadi, jika lebih dari waktu tersebut, ada baiknya dihentikan saja.

Sementara untuk pemakaian obat ini juga dibatasi dalam jumlah dosisnya. Satu minggu pemakaian, ada baiknya Anda menggunakan tidak lebih dari 40 mg.

Pemakaian obat ini hanya diperkenankan untuk orang dewasa, sementara untuk anak-anak tidak diperbolehkan karena efek sampingnya lebih besar didapatkan olehnya.

Dengan mengetahui cara pemakaian benar dari obat Betametason Topikal ini, Anda akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadi masalah yang lebih serius.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *