Cara Alami Mengatasi Sulit BAB

Cara Alami Mengatasi Sulit BAB
Cara Alami Mengatasi Sulit BAB

Anda mempunyai masalah berupa sulit buang air besar (BAB) atau konstipasi? Jangan khawatir! Dalam tulisan kali ini kami akan memberikan informasi seputar cara alami mengatasi BAB. Seseorang disebut konstipasi jika frekuensi buang air besarnya kurang dari tiga kali dalam seminggu. Ciri-cirinya perut terasa kembung, sering buang angin, serta tidak nikmat makan karena perut terasa penuh dan buncit.

Alih-alih mengonsumsi obat pencahar atau pelunak kotoran, sebaiknya menggunakan obat alami dahulu. Perlu diwaspadai saat Anda memutuskan untuk menggunakan obat pencahar dalam mengatasi sulit BAB. Selain harus digunakan di bawah pengawasan dokter, risiko atau efek samping obat pencahar diantaranya bisa menyebabkan ketergantungan obat pada saluran cerna, bahkan ujung-ujungnya bisa memperparah konstipasi.

Baca juga: Efek Samping Aminofilin

Maka dari itu, untuk melancarkan BAB sebaiknya gunakanlah cara alami. Sebelum mengulasnya lebih jauh, perlu Anda ketahui penyebab sulit BAB. Diantaranya adalah karena pola hidup tidak sehat, kurang mengonsumsi cairan berupa air putih, kurang serat, serta kurang olahraga. Dengan mengetahui penyebab di atas, maka tidak sulit untuk menemukan cara mencegah sembelit datang.

Buah dan sayuran yang dikonsumsi sebaiknya dipilih-pilih. Yang paling kami rekomendasikan adalah pepaya. Kandungan vitamin C dan serat pada buah yang harganya terjangkau ini sangat memudahkan siapapun yang mengalami kesulitan BAB. Anda bisa mengonsumsinya pagi hari saat perut masih kosong.

Selain pepaya, Anda juga bisa mengandalkan kiwi. Kandungan serat dalam kiwi adalah 3,0 gram/ 10 gram serat. Makanan alami lain yang bisa dikonsumsi saat tubuh kekurangan serat adalah kacang merah, alpukat, jagung, buncis, oatmeal, dan kacang polong. Anda bisa mencoba mengganti menu sarapan dengan oatmeal. Kandungan beta glucan dalam oatmeal berfungsi untuk menurunkan klesterol sehingga mampu meminimalisir risiko penyakit jantung. Cara diatas juga dapat digunakan pada anak-anak yang susah buang air besar.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *