Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama

Obat Herbal | Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama | Dijaman sekarang ini siapa yang tidak mengenal dengan jenis peralatan yang mendukung untuk mendengarkan musik yaitu headset. Dan bagi Anda pecinta musik serta penikmat rasanya tidak bisa lepas dari yang namanya headset yang memberikan privas lebih baik dibandingkan engan speaker besar.

Hingga sekarang headset sudah berkembang dan terdiri dari berbagai jenis serta tipe, mulai dari yang murah harga 10rb sampai yang jutaan dengan kualitas yang luar biasa tentunya.

Menggunakan headset tentunya tidak boleh terlalu lama, terlebih apabila Anda merupakan orang yang tidur selalu ditemani dengan lagu – lagu untuk pengiring tidur dengan menggunakan headset, meskipun dengan volume yang tidak keras tetap kurang baik untuk kesehatan telinga Anda.

bahaya-menggunakan-headset-terlalu-lama

Dan penggunaan headset dalam sehari tidak boleh lebih dari 4 jam. Salah satu akibatnya terlinga Anda akan berdengung, berikut Bahaya Menggunakan Headset terlalu lama.

Bahaya pertama jika Anda terlalu sering menggunakan headset terlebih dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan telinga Anda berdengung dan menyebabkan Anda kurang nyaman dengan keadaan ini seperti sedang melakukan perjalanan jauh saat naik kereta atau pesawat.

Untuk mengatasi hal yang stau ini cukup mudah, Anda hanya harus menahan nafas sembari memencet hidung lalu tiup sambil memencet hidung maka telinga Anda yang mendengung akan segera kembali normal.

  • Tuli Sesaat

Bahaya lainnya terlalu lama menggunakan headset juga bisa mengakibatkan Anda mengalami tuli sesaat dan apabila dilakukan dalam jangka waktu yang lama terlebih dengan suara yang besar bisa mengakibatkan Anda tuli secara permanen, jadi batasi mendengarkan suara dari headset dalam sehari.

  • Kurang Waspada

Dengan menggunakan headset tentunya Anda akan lebih fokus pada apa yang sedang dikerjakan dibandingkan dengan lingkungan sekitar dan ini akan menyebabkan Anda kurang atau cenderung mengabaikan dunia luar.

  • Lebih Besar Peluang Untuk Terjadi Kecelakaan

Dan bahaya menggunakan headset dalam jangka waktu yang lama serta volume yang besar bisa menyebabkan kecelakaan karena kurang awas atau terlalu fokus pada satu hal. Jadi batasi dan jangan terlalu asik serta jangan terlalu fokus dengan musik, headset terlebih apabila Anda menggunakan headset saat sedang mengendarai sebaiknya hindari.

  • Membuka Ruang Untuk Kuman Masuk

Headset merupakan alat atau benda yang jarang sekali bersihkan dan sering disimpan di area terbuka, ini menyebabkan kuman akan bersarang dan saat Anda menggunakan headset dalam jangka waktu yang lama berarti saat itu juga Anda sedang memberikan jalan serta waktu untuk kuman dan bakteri berkembang atau masuk ke dalam tubuh melalui telinga, maka sering kali mengakibatkan peradangan pada telinga.

  • Kelelahan

Mereka yang terlalu sering mendengarkan musik dengan menggunakan headset dalam banyak kasus ada yang mengalami ear fatigue yaitu dimana kondisi telinga terlalu banyak menerima stimulus dari luar secara bersamaan dalam jangka waktu yang lama dan menyebabkan daun telinga terasa sakit dan perih.

| Bahaya Menggunakan Headset Terlalu Lama

Baca Juga :

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *