Bahaya Kebas Pada Tangan dan Kaki Yang Harus Diwaspadai

Selamat datang di Toko Herbal Tasikmalaya, website pengobatan herbal dari bahan – bahan alami, 100% asli dan aman serta tidak menyebabkan efek samping dan melayani pengiriman keseluruh wilayah Indonesia dengan sistem Kirim Barang Dulu dan Bayar Setelah Barang Sampai. Syarat dan Kententuan Berlaku. Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai bahaya kebas pada tangan dan kaki yang harus diwaspadai.

Kebas atau kesemutan dalam bahasa medisnya dikenal dengan sebutan parestesia, ini merupakan penyakit dimana adanya gangguan atau kerusakan pada saraf di daerah yang dikenal dengan neuropati. Dalam kasus lain penyebab kebas karena saraf berada di bawah tekanan dan tidak mendapakan cukup darah.

Bahaya Kebas Pada Tangan dan Kaki Yang Harus DiwaspadaiSeperti karena kurang bergerak atau tidak bergerak dalam waktu yang lama bisa menyebabkan tekanan pada saraf dan pembuluh darah serta mengakibatkan kesemutan atau kebas saat Anda bergerak lagi. Kebas dan kesemutan sendiri lebih sering terjadi pada tangan dan kaki dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, meskipun tidak menutup kemungkinan kebas atau kesemutan juga bisa terjadi pada wajah dan kepala.

Gangguan kebas dan kesemutan sendiri sebenarnya bukan hal yang harus Anda takuti seperti kanker karena masalah kesehatan yang satu ini adalah gangguan normal terjadi pada manusia. Tapi yang harus Anda waspadai jika kebas atau kesemutan terjadi pada tangan dan kaki atau wajah serta kepala dalam jangka waktu yang lama dari pada biasanya.

Seperti yang dikutip dari sebuah masalah kesehatan, ada beberapa penyakit kronis atau berbahaya yang sering kali menyebabkan kebas atau kesemutan tangan, kaki, kepala.

Saraf Kejepit, Saraf yang dimulai dari leher dan memanjang ke bawah sampai ke dalam lengan atas dan siku ini dikenal engan saraf ulnaris. Contoh lainnya, siatika dimana nyeri yang disebabkan oleh iritasi atau kompresi saraf siatik yang memanjang dari bagian belakang panggul melakui pantat dan turun sampai ke tungkai kaki.

Carpal tunnel syndrome, atau sensai nyeri dan kesemutan di tangan yang diakibatkan akumulasi terowongan kecil yang memanjang dari pergelangan tangan ke telapak tangan atau dikenal dengan carpal tunnel.

Penyakit Diabetes, diabetes adalah penyakit yang bisa merusak pembuluh darah kecil yang berfungsi untuk memasok saraf di jari tangan dan kaki. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan kesemutan, mati rasa, nyeri di tangan dan kaki atau neuropati perifer.

Paparan Zat Beracun, diantaranya radiasi atau timah.

Malnutrisi dimana tubuh kekurangan nutrisi yang penting untuk berjalan ke sistem saraf termasuk vitamin B12.

Kerusakan saraf yang diakibatkan oleh cedera, penyalahgunaan alkohol serta infeksi.

Efek Samping Penggunaan Obat – Obatan Tertentu, seseorang yang sudah menjalankan kemoterapi seperti obat kuat yang dikonsumsi untuk mengobati kanker, antibiotik, obat HIV, obat pencegah kejang atau antkovulsan dan metronidazol.

Kondisi lainya seperti stroke, sclerosis, tumor otak dan multiple, kondisi ini bisa dikatakan serius meskipun jarang sekali terjadi dan sering kali ditemui degan gejala lain selain kesemutan dan kebas.

Selain bahaya kebas yang bisa diakibatkan oleh penyakit diabets, tumor otak atau stroke. Kebas juga bisa menjadi awal gejala penyakit neuropati. Rasa pegal dan kesemutan yang terjadi tanpa adanya sebab yang jelas bisa jadi gejala awal kerusakan sistem syaraf atau neuropati yang harus Anda waspadai. Seperti yang dikatakan oleh konsultasn neurologi dari Departemen Neurologi Fakulas Kedokteran Universitas Indonesia – Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S (K).

Beliau menjelaskan kerusakan saraf seperti nii bisa disebabkan karena penyakit, trauma pada saraf, efek samping obat, faktor usia dan penyakit sistemok. Gejala dari penyakit neuropati perlu diketahui karena bisa menunjukan seberapa berat kerusakan pada sistem saraf.

Sedangkan menurut Luthy, gejala dari neuropati biasanya disebabkan karena kesemutan tanpa sebab yang terkadang disertai adanya kebas atau rasa terbakar jika kerusakan sudah sangat parah dan memasuki stadium lanjut.

Bahaya Kebas Pada Tangan dan Kaki Yang Harus Diwaspadai

Baca Juga :

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *