Amonium Klorida Pada Obat Batuk

Amonium Klorida Pada Obat Batuk
Mengapa Hampir di Semua Obat Mengandung Amonium Klorida

Jika Anda perhatikan, beberapa brand obat batuk ternama di tanah air mengandung Amonium Klorida. Apakah bahan ini sangat penting untuk meredakan batuk?

Mungkin Anda asing dengan istilah tersebut. Namun, pasti Anda sering mendengar istilah ekspektoran. Sebenarnya, di dalam dunia medis, bahan tersebut di atas berguna sebagai ekspektoran. Ekspektoran ini sangat penting untuk menyembuhkan batuk. Di manakah peran penting ekspektoran ini.

Fungsi utama ekspektoran adalah untuk merangsang serta mengubah sekresi selaput lendir bronkial. Di bagian tersebutlah dahak diproduksi. Seperti yang Anda ketahui, batuk biasanya disertai dengan dahak yang biasanya dikenal dengan batuk berdahak. Dahak ini yang membuat penderita tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Obat Pengencer Dahak Ambroxol

Untuk itu, meredakan batuk juga harus dibarengi dengan menghilangkan dahak. Di sini lah Amonium Klorida ini berperan penting. Ekspektoran ini akan membuat tenggorokan memproduksi dahak semakin banyak dan cepat. Gunanya agar dahak bisa secepat mungkin dikeluarkan. Bisa dikatakan ekspektoran ini adalah pemicu produksi dahak.

Hanya saja, konsumsi terlalu sering obat batu dengan ekspektoran ini tidak disarankan. Pasalnya, ada beberapa efek negatif yang bisa terjadi seperti mual dan muntah. Selain itu, Anda juga akan merasakan haus yang luar biasa.

Anda pasti pernah mendengar bahwa obat batuk ini membuat Anda ngantuk. Hal tersebut dikarenakan Amonium Klorida ini. Ekspektoran menimbulkan rasa kantuk penggunanya. Itulah mengapa obat batuk ini sebaiknya dikonsumsi ketika Anda tidak sedang bekerja. Anda bisa mengajukan cuti terlebih dahulu karena pada dasarkan batuk itu penyakit di mana penderita dituntut untuk istirahat dalam jangka waktu tertentu. Jadi, minumlah Amonium Klorida sesuai dengan dosis yang disarankan oleh dokter dan beristirahatlah secukupnya.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *